Digital Marketing: Teknologi, Bisnis dan Karier

Diposting pada

Digital marketing atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah Pemasaran Digital adalah sebuah sebutan untuk teknik pemasaran yang menggunakan teknologi dan media digital secara keseluruhan seperti internet dan media elektronik.

gambar digital marketing

Kita semua menyadari bahwa pesatnya penggunaan teknologi digital saat ini telah banyak merubah pola hidup, karier dan tentu saja menyentuh sisi bisnis masyarakat di Indonesia dan dunia. Bahkan jika ada satu saja perusahaan atau pemain bisnis tidak memanfaatkan ilmu dan media ini, maka mereka sudah dipastikan melewatkan kesempatan emas dan bisa tertinggal oleh para pesaingnya, atau bahkan musnah jika tidak mau beradaptasi. Contohnya? Nokia dan Blackberry yang tidak mau beradaptasi dengan teknologi baru, sistem operasi Android.

Digital Marketing adalah….

Wikipedia sendiri menyebut bahwa pengertian digital marketing adalah seperti ini:

Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan

Sedangkan menurut salah satu situs digital marketing populer HubSpot, pengertian digital marketing adalah:

Digital marketing encompasses all marketing efforts that use an electronic device or the internet

Jadi, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pengertian secara umum digital marketing adalah….:

Segala jenis usaha pemasaran yang dapat menjangkau konsumen secara pribadi, cepat, tepat waktu dan relevan yang menggunakan media digital atau alat elektronik termasuk melalui internet.

Apa Saja Tipe Media dan Cara Digital Marketing?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara juga media yang digunakan oleh teknik digital marketing adalah melalui semua alat elektronik dan internet. Apa saja? Jika menurut pendapat diatas, maka barang-barang elektronik dan teknologi dibawah bisa menjadi media pemasaran digital, ini diantaranya:

Media elektronik/digital

  • TV
  • Radio
  • Papan Reklame Digital
  • Telepon Rumah
  • Telepon Genggam
  • Komputer Desktop
  • Laptop atau Notebook
  • Tablet
  • Layar Bioskop
  • Layar dot LED, dll

Metode, Teknologi, dan Jaringan Berbasis Online Internet

  • Website
  • Sosial Media
  • Email
  • Online Affiliate Marketing
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Software Online Marketing
  • Iklan Per Klik (Pay per Click/PPC), dll

Dari data diatas bisa kita simpulkan bahwa digital marketing bisa dikelompokan menjadi 2 bagian, yaitu offline marketing dan online marketing. Selain itu ada juga yang termasuk media (alat) semisal laptop, dan juga cara (metode) atau teknik semisal pemasaran menggunakan software atau program online marketing, email atau seo.

Offline marketing adalah semua pemasaran digital yang bisa dilakukan tanpa menggunakan jaringan internet semisal TV dan layar iklan reklame.

Sedangkan untuk online marketing adalah pemasaran digital yang membutuhkan jaringan internet semisal pemasaran menggunakan email atau pemasaran menggunakan akun sosial media semisal Facebook atau Instagram.

Beberapa dari pembaca mungkin kurang familiar dengan kata-kata affiliate, search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), PPC Ads dan program online marketing, tetapi pembaca bisa membaca semua itu diartikel kami yang lain di website Seo Van Java ini. Keep in touch ya..

Untuk pengetahuan dasar, search engine optimization atau kita sebut seo adalah; Segala hal yang dilakukan oleh seseorang terhadap websitenya untuk mendapatkan posisi rangking yang baik di hasil pencarian Google. Semakin bagus kualitas website dan “isinya” dimata mesin pencari dan pengguna, semakin baik rangking dan semakin banyak kemungkinan jumlah pengunjung ke website tersebut.

Sedangkan search engine marketing biasanya berhubungan dengan iklan berbayar atau paid ads semisal Google Adwords.

Ini contohnya:

seo dan sem digital marketing

Untuk istilah affiliate, kalimat yang paling mudah untuk menjabarkan teknik ini adalah “kita dibayar jika berhasil menjualkan produk orang lain”, mirip seperti dropship hanya saja affiliate mencakup banyak produk semisal software, ebook, film, produk pelatihan, dan lain-lain.

Untuk PPC adalah salah satu media periklanan, jika pernah melihat iklan banner di website, nah itulah salah satu jenis ppc. Meskipun iklan banner di website bisa saja per-kontrak dan bukan per-klik, tapi ppc pada umumnya mencakup banner.

Untuk sosial media marketing, ini sangat panjang, hanya saja sebagai gambaran, sosial media marketing biasanya memanfaatkan semua pengguna dan menjaringnya untuk dijadikan konsumer atau follower kita.

Dengan banyaknya pengikut sosial media suatu merek, maka dengan mudah mereka beriklan terhadap para pengikutnya. Teknik ini juga bisa gratisan dan bisa berbayar, mirip seperti seo dan sem, lebih detailnya nanti akan kami buatkan.

Program online marketing apakah ada? Banyak sekali, contohnya Screaming Frog, RankTracker, dll, kita akan membahasnya diartikel khusus, sabar ya.

Lanjut ke fakta selanjutnya…

Antara Teknologi dan Bisnis

Apakah pembaca tahu mengapa kita harus paham digital marketing? atau minimal mengapa kita harus tahu apa itu pemasaran online (online marketing)?

Perhatikan data-data dibawah ini.

persentase jumlah pengguna internet di dunia

Dan ini adalah data lengkapnnya.

populasi pengguna internet

Berdasarkan 2 gambar diatas yang berasal dari www.internetworldstats.com/stats.htm, kita dapat mengetahui bahwa hampir 50% pengguna internet berada di Asia, dan jangan salah, sebagai salah satu negara terbesar di Asia selain China dan India, untuk urusan bisnis pasar Indonesia adalah pasar yang sangat menggirukan.

Berdasarkan data kominfo.go.id, sekitar 123 juta rakyat Indonesia mengakses internet di tahun 2018! Jika Anda adalah seorang pengusaha atau business man, Anda pasti paham maksud saya, ya.. inilah pasar gurih yang siap menjadi target pemasaran produk Anda.

Jika dulu dengan pemasaran tradisional semisal koran atau papan kertas pengumuman dirasa sudah cukup untuk mengiklankan sebuah produk, maka saat ini semuanya telah berubah, dengan digital marketing, sebuah iklan bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia, tidak terbatas wilayah semisal koran.

Dengan teknologi, seorang pengusaha seharusnya sudah bisa mengembangkan bisnisnya. Segala manfaat yang ditawarkan oleh teknologi internet, seharusnya sudah banyak pengusaha yang bahkan bisa membuka usaha sendiri tanpa harus bekerja di perusahaan orang lain, seperti pengusaha online yang ada di artikel ini.

Jadi, hubungan antara bisnis dan teknologi sungguh sangatlah erat, sudah saatnya semua kalangan memanfaatkan teknologi dan pengetahuan digital marketing ini untuk melebarkan sayap perusahaan dan usaha mereka, kalau tidak? siap-siap disalip oleh pengusaha lain yang lebih cerdas.

Karier dan Pekerjaan

Ingat, dengan keahlian digital marketing yang dimiliki masyarakat, mereka juga bisa memanfaatkan keahlian mereka untuk melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Faktanya, ketika digital marketing sudah mewabah ke semua bidang, maka tenaga ahli dibidang ini akan dicari banyak perusahaan. Tidak percaya? Anda harus sadar bahwa banyak perusahaan bisnis yang mencari seseorang yang pandai dibidang digital marketing saat ini, semoga masyarakat kita benar-benar menyadari hal ini.

Selanjutnya…

Saya ingin belajar digital marketing, lalu bagaimana caranya?

Setidaknya, ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mulai mempelajari ilmu digital marketing, diantaranya:

  1. Dengan kursus digital marketing: Ini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan jika dana tersedia. Cara terbaik karena dengan kursus, seseorang akan dibimbing langsung oleh ahlinya. Cari tempat kursus yang benar-benar telah terbukti dan sudah banyak yang mengikutinya. Beberapa tempat belajar digital marketing seperti Asian Brain di asianbrain.com yang dibawah asuhan Bu Anne Ahira, atau KAIA Media Kang Deri Suherlan di www.kaiamedia.com adalah 2 diantara banyak tempat yang menurut saya pribadi cukup bagus untuk diikuti.
  2. Belajar sendiri (Otodidak): Banyak sekali “suhu” digital marketing yang menghasilkan ribuan dolar dari internet hanya dengan belajar sendiri melalui internet. Cara seperti ini adalah cara yang paling lama jika Anda adalah seorang yang kurang cepat belajar, tetapi tidak ada yang tidak mungkin, semua masih bisa dipelajari selama koneksi internet dan kemauan masih ada. Dimana untuk belajar digital marketing atau bisnis online sendiri? Forum ads.id, situs panduanim, rohadiright.com dan tentu saja website seovanjava.id ini bisa menjadi tahapan awal bagi siapapun untuk mengenal digital marketing.

Jika harus menyebut nama, sangat banyak sekali nama-nama yang saya ketahui yang bisa dijadikan acuan bagi siapapun yang ini belajar Internet.

Dewa Eka Prayoga, Bramantya Farid Prakosa, Deri Suherlan, kang Toha, Dani Alfin Pratama, Mas Dian Umbara, Eka Lesmana dan masih banyak lagi nama yang tidak mungkin saya sebut satu-persatu, dimana mereka adalah orang-orang yang cukup dikenal dikalangan internet marketer Indonesia.

Jadi, jika ingin segera mengenal dan memanfaatkan digital marketing, segeralah mencari tempat kursus yang tepat, atau segera kunjungi web-web belajar digital marketing.

Saran saya, jika sudah paham sedikit demi sedikit tentang digital marketing, maka segera naikan level dengan membaca tips dan triks dari web dan para internet marketer expert dari luar. Sebut saja Neil Patel, Moz, Backlinko, bahkan dari Google dihalaman ini.

Jika kurang, list website untuk belajar digital marketing ada disini

Jika punya dana dan mau belajar lewat online, pilihan kursus digital marketing di Udemy.com, pilihannya cukup banyak dan bisa dicoba.

Rangkuman

Ingin mempertahankan bahkan melejitkan omset bisnis sebuah perusahaan? Maka digital marketing sudah menjadi hal yang wajib untuk diikut sertakan. Selain itu, keahlian ini bisa membantu karier seseorang di zaman serba digital saat ini. Untuk mempelajarinya pun tidaklah sulit untuk memulai, mau berbayar bisa, mau gratisan juga bisa.

Ingat, Seo Van Java tidak mendapatkan apa-apa dari tulisan ini selain hanya ingin berbagi. Beberapa tempat kursus, nama seseorang dan situs web yang ter-mention hanyalah sebatas pengetahuan kami pribadi. So, kalau ada suhu atau master atau kelompok yang merasa tidak tersebut, mohon maklum :-)

Ada pertanyaan? atau ada tambahan semisal tempat kursus digital marketing yang bagus atau seorang internet marketer yang bagus untuk di ikuti? Silahkan beri komentar dibawah.

Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pengetahuan dasar bagi pembaca yang budiman.

Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *